fbpx

Nation & Action Dekayu x Lindungi Hutan untuk Desa Bedono

Pada awalnya kami memanfaatkan sisa kayu dari pembuatan furniture kemudian kami daur ulang menjadi produk lampu tidur, coaster/ tatakan gelas & tray. Bermula dari Ide sederhana untuk menambahan nilai guna dari produk kerajinan yang tidak hanya  sebagai dekoratif namun dapat digunakan sehari-hari. Awalnya kami hanya berfokus dengan peralatan dapur, penggunanya dari Ibu rumah tangga sampai profesional chef dan fotografer. Sampai pada akhirnya, kami bersama pengrajin yang ada di Yogyakarta, menyediakan produk berbagai Tableware dan Dekorasi rumah yang bermaterial Kayu.

Prinsip Sustainability juga menjadi dasar berpikir bahwa dalam mengembangkan dekayu tentu tidak mungkin semuanya dilakukan sendiri. Kami percaya dengan berkolaborasi adalah solusi untuk melewati tantangan ketika Pandemi ini melanda. Sebagai Brand, keberadaan Lindungi Hutan menjadi kepanjangan tangan untuk mewujudkan aksi nyata di  pesisir Bedono yang hilang karena abrasi.

Desa bedono merupakan wilayah di Kabupaten Demak, Jawa Tengah yang berada di Kawasan pesisir pantai. Wilayah ini memiliki potensi yang sangat prospektif di bidang perikanan, budidaya hasil laut, dan wisata bahari. Meskipun begitu, laut demak memiliki risiko daya rusak yang besar. Dengan potensi kenaikan air laut mencapai 3 cm/tahun dan penurunan muka tanah mencapai 25 cm/tahun, daratan Demak terancam tenggelam dalam 10-20 tahun dan sudah menenggelamkan kurang lebih 200 rumah penduduk, jika tidak ada tindakan konservasi dan restorasi, serta peraturan yang mencegah berlanjutnya tindakan perusakan lingkungan.

Dekayu bersama Lindungi Hutan melalui kampanye alam Nation & Action telah melakukan penanaman pohon Mangrove Rhizophora sebanyak 250 pohon, pada 11 November 2021 kemarin. Penanaman tersebut bertujuan mengendapkan lumpur di akar-akar pohon bakau sehingga mencegah terjadinya intrusi air laut ke daratan. Selain itu, Mangrove Rhizophora memiliki akar yang dapat mempercepat penguraian limbah organik dan limbah kimia yang dapat mencemari laut. Harapan ke depannya langkah awal dari Dekayu ini dapat menginspirasi dan mengajak orang-orang untuk lebih peduli dan membuat aksi nyata terhadap lingkungan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *